MAKALAH
MICROSOFT WORD
DISUSUN
OLEH :
MASNI NASUTION
4132141015
BIOLOGI DIK C 2013
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014
KATA PENGANTAR
Microsoft word adalah program yang
sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi
kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan
banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit
dapat di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk dapat
menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat
halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen,
fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan tabel
dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan
langkah disertai contoh soal.
Di harapkan pembaca dapat
mengembangkan kemampuan-kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan
bentuk-bentuk naskah, makalah yang baik. Akhir kata saya berharap semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
Penulis
Masni
Nasution
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................ 1
HALAMAN KATA PENGANTAR.................................................................................... 2
HALAMAN DAFTAR ISI................................................................................................... 3
BAB
HALAMAN KATA PENGANTAR.................................................................................... 2
HALAMAN DAFTAR ISI................................................................................................... 3
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKAN...................................................................................................... 4
1.2. TUJUAN........................................................................................................................ 4
1.3. RUANG LINGKUP MATERI...................................................................................... 5
1.1. LATAR BELAKAN...................................................................................................... 4
1.2. TUJUAN........................................................................................................................ 4
1.3. RUANG LINGKUP MATERI...................................................................................... 5
1.4 RUMUSAN MASALAH............................................................................................... 5
1.5 MANFAAT PENULISAN............................................................................................. 5
1.5 MANFAAT PENULISAN............................................................................................. 5
BAB
II PEMBAHASAN............................................................................................................... 6
BAB
BAB
IV PENUTUP
4.1. KESIMPULAN ............................................................................................................. 24
4.2. USUL DAN SARAN.................................................................................................... 24
4.1. KESIMPULAN ............................................................................................................. 24
4.2. USUL DAN SARAN.................................................................................................... 24
4.3 DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 24
BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG MASALAH
Microsoft Office adalah suatu produk
perangkat kantor yang cukup handal dewasa ini. Setelah mengalami peningkatan
fasilitas menuju penyempurnaan, hingga sekarang telah beredarnya Microsoft
Office 2003, adapun program-program aplikasi perkantoran yang terintegrasi
penuh antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya, Microsoft Office
mencangkup beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft
Power Point, Microsoft Acses, Microsoft Outlook dan Microsoft Front Page.
Microsof Word merupakan program
pengolahan kata yang terbaik dan populer karena kehandalan dan kelengkapannya
serta kemudahan yang dimilikinya dengan menggunakan Microsoft Word, pembuatan
dan pengeditan naskah/dokumen akan menjadi cepat dan mudah untuk dipelajari.
Atas landasan teori diatas maka penulis tertarik untuk
membuat makalah ini guna untuk menyelesaikan tugas kuliah dan semoga bermanfaat
untuk bahan ajar bagi sekolah-sekolah dan umum.
1.2
TUJUAN
Tujuan dibuat nya makalah ini adalah
untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai Microsoft word dan juga cara
penggunaan aplikasi nya.
Makalah ini dibuat juga untuk melengkapi nilai tugas
yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah.
Word merupakan salah satu anggota
keluarga Microsoft Office. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah
kata yang paling canggih saat ini. Dengan word kita dapat membuat naskah mulai
dari yang sederhana hingga yang rumit. Selain itu banyak fasilitas word yang
tidak dimiliki oleh program sejenis.
1. Mendeskripsikan tentang Ms. Word.
2. Mendeskripsikan kualitas Ms. Word.
3. Mendeskripsikan hal-hal terpenting
dari Ms. Word.
4. Mendeskripsikan solusi yang dapat
diberikan dari permasalahan-permasalahan dari Ms. Word.
1.3
RUANG LINGKUP MATERI
~ Memulai
Microsoft Word
~ Pengenalan
jendela program
~ Paragraf
pada word
~ Mengedit
dokumen
~ Mengatur
Bentuk paragraph
~ Spasi
~ Menyisipkan
symbol
~ Mengopy
~ Menyimpan ulang
~ Clip art,
dan lain-lain
1.4.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara mengoperasikan Ms. Word?
2. Menu-menu apa saja yang ada pada Ms. Word?
3. Apa fungsi dari menu-menu tersebut?
2. Menu-menu apa saja yang ada pada Ms. Word?
3. Apa fungsi dari menu-menu tersebut?
1.5 Manfaat Penulisan
1. Bagi
Pemerintah
Bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Labuhanbatu.
2. Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.
3. Bagi Mahasiswa
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
Bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Labuhanbatu.
2. Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.
3. Bagi Mahasiswa
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
MEMULAI MICROSOFT WORD
Untuk memulai menjalankan program microsoft
word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama
Layar Ms Word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word.
2. Office Button
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
3. Customize Quick
Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
4. Menu
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
6. Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
7. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
8. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
9. Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
9.2 Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Perpindahan
|
Perintah
|
Satu karakter ke kiri
|
←
|
Satu karakter ke kanan
|
→
|
Satu baris ke atas
|
↑
|
Satu baris ke bawah
|
↓
|
Ke akhir baris
|
End
|
Ke awal baris
|
Home
|
Naik satu layar
|
Page Up
|
Ke bawah satu layar
|
Page Down
|
Akhir dokumen
|
Ctrl + End
|
Awal dokumen
|
Ctrl + Home
|
10. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
11. Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
12. Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.
Pengenalan Jendela
Program
Tampilan jendela
(bagian-bagian jendela) program word adalah sebagai berikut :
Keterangan:
Balok judul : Menampilkan nama
program dan nama file yang
saat ini sedang di buka.
Minimize : Digunakan untuk
memperkecil menjadi tombol
program.
Maximize : Digunakan
untuk memperbesar jendela satu layar
penuh.
Close :
Digunakan untuk menutup jendela program.
Menu bar :
Untuk menjalankan perintah-perintah word (menu
adalah kumpulan )
Toolbar : Tombol-tombol yang dapat digunakan untuk
menjalankan perintah
word. Satu tombol sama
dengan satu perintah.
Mistar horizontal : Digunakan
untuk melihat posisi/skala secara
horizontal mendatar.
Mistar fertikal : Digunakan untuk melihat posisi secara vertical
tegak.
Balok gulung horizont :
Digunakan untuk menggulung layar secara
horizontal
kiri-kanan.
Balok gulung
vertical : Digunakan untuk menggulung layar secara
vertical
atas-bawah.
Border : Bingkai
atau kotak dari jendela program dan di
gunakan untuk
mengubah ukuran jendela
secara horizontal atau
vertical.
Corner : Sudut
jendela program, dapat digunakan untuk
mengubah ukuran
jendela program secara
vertical atau horizontal
Area teks : Tempat kita
menulis atau mengedit teks atau
objek-objek yang lain.
Baris status : Menunjukkan
kepada kita posisi kursor saat ini.
3. Mengatur Halaman
(Setup halaman).
Ø Mengatur
batas-batas kertas (margin).
Margin adalah batas tepi kertas
dengan batas tepi pengetikan/area teks. Untuk mengatur margin : menu file, Page
setup, Margin.
Ø Mengatur
ukuran kertas (paper size).
Ukuran kertas dapat diatur sesuai
kebutuhan misal kwarto, folio, amplop atau ukuran-ukuran yang lain. (sesuai
keinginan). Untuk mengatur ukuran kertas : Menu file, Page setup, Paper size,
pilih ukuran kertas yang diinginkan.
Ø Mengatur
arah persetakan (Orientation).
Arah percetakan di kertas dilakukan
secara Vertikal/tegak/portrait maupun secara horizontal mendatar/landscape.
Untuk mengatur arah percetakan : Menu file, Page setup, Paper size,
Orinetation, pilih Potrait atau Landscape.
PARAGRAF PADA WORD
Ide paragraph sangat penting pada
word, karena beberapa tipe pengeditan berlaku untuk masing-masing paragraph. Pada
word anda dapat mengakhiri. sebuah paragraph dan memulai paragraph baru dengan
menekan tombol ENTER. Word memasukkan sebuah garis kosong dan posisi kursor
yang baru pada bagian awalnya.
4. Menyimpan File/
Dokumen
Langkah untuk menyimpan
dokumen yang telah diketik adalah : Klik Menu file, save, (atau klik icon
Save).
Keterangan :
Kotak Save in,
digunakan unruk menentukan dimana kita menyimpan dokumen yang telah kita buat.
Apabila kita ingin
membuat tempat/lokasi baru dokumen yang akan kita simpan tersebut, maka kita
bisa menklik New Folder, beri nama folder tersebut.
Jika nama folder sudah
muncul klik kanan nama folder dimana kita akan menyimpan file, lalu klik Open.
Setelah kita menentukan
lokasi untuk file, klik kotak file name, lalu ketikkan nama file misalnya
LATIHAN 1
Klik tombol save.
Pilihan tampilan
dokumen :
Pilih Menu view
Print Lay out anda akan
melihat tampilan dokumen persis kalau dicetak, kelihatan (margin dan pergantian
halamannya).
Normal – Tidak bisa
melihat magin.
MENGEDIT DOKUMEN
A. Membuka File
Klik icon Open atau
klik menu file – Open.
Jika folder yang
terbuka belum sesuai pilihlah folder dimana anda menyimpan file tersebut.
Klik nama file yang
akan dibuka.
Klik Open.
NOTE : File yang sedang
dibuka jangan dibuka lagi.
B. Memindah Kursor
Untuk menggerakkan
kursor, ada beberapa cara yaitu :
Dengan mengklik
lokasi/titik yang kita inginkan, maka otomatis kursor akan pindah ke
lokasi/tempat tersebut.
Dengan menggunakan anak
panah kiri, kanan, atas atau bawah pada keyboard
Memindah kursor ke awal
file : Ctrl + Home
Memindah kursor ke
akhir file : Ctrl + End
Memindah kursor ke awal
baris : Home
Memindah kursor ke
akhir baris : End
Memindah kursor ke
halaman tertentu : Ctrl + G
Untuk melihat ke bawah
1 layar digunakan tombol page down
Untuk melihat ke atas 1
layar dunakan tombol Page up
C. Memilih Teks (Membuat blok teks)
Untuk melakukan
berbagai operasi pada pengeditan dokumen, pertama teks yang akan diedit harus
diblok dulu :
Memblok satu kata :
dobel klik tersebut
Memblok satu baris :
klik satu kali di awal baris
Memblok satu kalimat :
Ctrl + klik kalimat tersebut
Memblok satu paragraph
: klik dua kali di awal baris pada paragraph tersebut.
Memblok bagian tertentu
: Drag bagian yang dipilih
Dengan keyboard :
kursor letakkan pada awal teks yang akan diblok lalu letakkan tombol shift lalu
tekan tombol panah keyboard, ke kanan, kiri, atau ke bawah sesuai arah teks
yang akan diblok.
Memblok seluruh file :
Ctrl + A.
D. Mengedit Teks
Menyisipkan teks, untuk
menyisipkan teks pastikan tombol insert dalam keadaan on (tanda OVR dibaris
status tidk aktif), letakkan kursor pada yang akan disisipi, ketik teks yang
akan disisipkan.
Menghapus teks, blok
teks yang akan dihapus, tekan tombol del/delete untuk menghapus karakter di
sebelah kanan kursor . tekan tombol backspace untuk menghapus karakter di
sebelah kiri kursor.
Membatalkan perintah
yang pernah kita kerjakan : klik icon undo pada toolbar.
E. Memformat Paragraf
Perlu anda ingat bahwa
paragraph adalah baris yang diakhiri dengan tanda ENTER. Apabila paragraph yang
akan kita atur hanya satu paragraph, tidak usah diblok cukup letakkan kursor
pada paragraph yang akan diatur tersebut. Bila lebih dari satu paragraph, maka
blok paragraph-paragraf yang akan diatur tersebut.
Perataan paragraph
Pilih paragraph
Klik : klik icon left,
right, center, atau justify pada toolbar formatting.
Dengan keyboard
Rata kiri : Ctrl + L,
Rata Center : Ctrl + E , Rata kanan : Ctrl + R, dan Rata Justify : Ctrl + J.
Indentasi
Tombol pada ruler untuk
mengatur indentasi :
Decrease Indent : Untuk
megurangi inden kiri
Increase Indent : Untuk
menambah inden kiri.
Cara mengatur indentasi
:
1. Plih Paragraf
2. Klik icon increase indent untuk
memasukkan (menambah) indent kiri, atau
klik decrease indent untuk mengurangi
indent kiri
3. Untuk mengatur indent kiri dapat juga
dengan men-drag tombol left indent
pada ruler
4. Untuk indent kanan : Drag tombol right
indent pada mistar (ruler).
MENGATUR BENTUK
PARAGRAF
Paragraf indent (baris
1 masuk/menjorok)
a. Letakkan mouse pada tombol fiet line
indent yang terdapat pada ruler
b. Drag ke posisi yang diinginkan.
Paragraf hanging
(alinea menggantung)
a. Letakkan mouse pada tombol hanging
indent (tombol segitiga yang bawah) yang terdapat pada ruler.
b. Drag ke posisi yag kita inginkan.
SPASI
Spasi (jarak antar
baris) : Ctrl + 1 : 1 Spasi , Ctrl + 2 : 2 Spasi, Ctrl + 5 : 1,5 Spasi.
Mengatur format
paragraph dengan menu :
Misalnya semua
paragraph ingin dibentuk menjadi paragaraf indent (baris 1 menorok 1,5 cm)
indent kiri 0 indent kanan spasi ganda, ikut langkah berikut ini :
1. Blok naskah anda (kecuali judul)
2. Buka menu format, paragaraf
3. Pilih alignment untuk menentukan
perataan.
4. Tentukan indent kiri (left indent) : 0
right indent : 0
5. Pilih special, menjadi first line by 1,5
cm (bentuk menjaid menjorok)
6. Pada line spacingpilih double atau
multiple lali pilih at : 2 untuk membuat
menjadi 2 spasi
7. Klik Ok perhatikan hasilnya.
F. Format Huruf (Font)
Format
huruf meliputi jenis huruf (Font), gaya huruf (Style), Warna huruf (Color),
ukuran huruf (Size), Garis bawah (Underline), Efek huruf (Effects). Untuk
mengatur format huruf dapat langsung menggunakan toolbar atau melalui menu :
Melalui menu
1. Blok teks yang diformat
2. Klik menu format, font
Selanjutnya
akan tampil kotak dialog font, tentukan pengaturan yang diinginkan dengan
memilih pada kotak yang sesuai. Misalnya untuk mengatur jenis huruf pada kotak
font, gaya pada kotak style, dan ukuran pada kotak size.
Melalui toolbar
Pemformatan
huruf melalui toolbar dilakukan dengan mengklik icon-icon yang sesuai yang
terdapat toolbar formatting.
1. Blok teks yang diformat
2. pilih toolbar yang anda inginkan, missal
klik tombol U maka teks akan garis
bawah klik lagi tombol U garis bawah
akan hilang.
Menampilkan/
Mensembuyikan toolbar.
Toolbar dapat
disembunyikan atau ditampilkan dengan perintah yang sama, yaitu :
Klik menu view, toolbar
Dari daftar toolbar
pilih toolbar yang akan ditampilkan atau disembuyikan dengan cara memberi tanda
cek (tampak) atau menghilangkan tanda cek (toolbar tampak) dengan cara mengklik
nama toolbar dari daftar
Menambah atau mengahpus
icon dari toolbar.
Missal untuk menambah
icon X2 (Superscript)
klik tombol more button
pada toolbar formatting.
arahkan mouse pada
tombol add and remove button
hifupkan atau matikan
tombol yang akan diatur dengan car mengklik nama icon. Misalnya pastikan tombol
X2 dan X2 dalam keadaan hidup (ada tanda cek didepannya)
MENYISIPKAN SIMBOL
Untuk menyisipkan
karakter-karakter yang tidak terdapat pada keyboard, maka kita harus
menyisipkan symbol (karakter yang tidak ada tersebut) dengan cara :
Klik menu Insert,
Symbol, mucul kotak dialog
Pilih Font yang sesuai,
misalnya huruf yunani, simbolmatematik, pilih fomt symbol, untuk symbol mata
uang, huruf dengan aksen tertentu pilihlah font normal text, untuk gambar
telepon, gambar jam, symbol windows pilihlah Wingdings.
Klik symbol yang
diinginkan . lalu klik tombol insert pada kotak dialog symbol.
Untuk menyisipkan lagi
ulangi langkah no 3 dan untuk menutup kotak dialog symbol klik tombol close.
MENGCOPY DAN MEMINDAH :
Menyalin/Copy teks :
- Blok teks yang akan dicopy/disalin
- Klik menu edit, kemudian pilih copy
atau tekan Ctrl + C atau klik tool
copy
- Pindahkan kursor ke tempat yang
dituju
- Klik menu edit kemudian paste, atau
Ctrl + V klik tool paste.
Memindah teks
- Blok teks yang akan dipindah
- Klik menu edit, kemudian cut atau
tekan Ctrl + X atau klik tool cut
- Pindahkan kursor ke tempat yang
dituju
- Klik menu edit kemdian paste atau
Ctrl + V atau klik tool paste.
MENYIMPAN ULANG
Klik icon save atau
file – save, jika anda perlu memberi nama lagi naskah akan disimpan dengan nama
file yang anda berikan sebelumnya.
MENYIMPAN DENGAN NAMA
LAIN
Tanpa menutup data
sebelumnya ;
Klik menu file – new –
OK
Atau klik tool new
Atau tekan Ctrl + N
Perhatikan dokumen yang
terbuka lebih dari satu, perhatikan pada taskbar. Atau lihat menu windows pada
bagian bawah akan terdapat beberapa nama data yang terbuka.
Untuk berpindah antar
window dokumen yang dibuka
Klik icon (nama file)
pada taks bar, atau
Klik menu window kemudian
klik nama file yang diinginkan.
Menyalin / memindahkan
teks ke l file yang lain
- Blok teks yang akan disalin/
dipindahkan
- Menyalin : klik menu edit, kemudian
pilih copy atau tekan Ctrl + C atau
klik tool copy
- Memindahkan : klik menu edit, kemudian
pilih cut atau tekan Ctrl + X atau
klik tool cut.
- Pilih data yang akan dituju, lewat
menu window atauklik pada taskbar
- Pindahkan kursor ke tempat yang
dituju
- Klik menu edit kemudian paste, atau
Ctrl + V atau klik tool paste.
Menutup File / data
bila sudah tidak dikerjakan lagi
Klik menu file,
kemudian pilih Close atau
Klik Cpation buttons
Close yang bawah.
DAFTAR /PARAGRAF
BERNOMOR ATAU BERSIMBOL
(BULLETS AND NUMBERING)
Cara membuatnya (Cara
I)
Klik menu format –
bullets and numbering
Klik tab bulleted
Dari delapan pilihan
pilih salah satu bullets, kemudian klik OK. Jika infin memperbaiki/mengganti,
klik customize
Dari menu customize
bulleted list, klik bullets.
dari menu symbol,
pilihlah salah satu bullets. Jika tidak cocok klik drop down font untuk memilih
bullets yang lain, kemudian klik OK, akan kembali ke menu sebelumnya
dari menu customize
bulleted list, pada bullets position, isikan indent at untuk menentukan jarak
dari margin anda meletakkan bullet (margin dianggap ) cm)
dari menu customize
bulleted list, pada text position, isikan indent at untuk menentukan jarak dari
margin anda untuk memulai ketikan (dihitung dari margin).
Cara 2 :
Aktifkan /klik icon bullets
Ketiklah naskah : bila
telah selesai klik lagi tombol bullets
TABULASI
Tabulasi digunakan
untuk mengatur penghentian kursor jika kita menekan tombol pada keyboard.
Biasanya digunakan untuk membuat teks menjadi rapi (rata) antara teks pada
paragraph atas dan bawahnya . hal ini harus diebdakan dengan indentasi dan
alignment(perataan) paragraph.
Cara meletakkan tab
stop pada ruler
Klik beberapa kali
pergantian tab stop sampai tampil yang dipilih
Kemudian klik pada
ruler sesuai dengan posisi yang kita inginkan
Mengatur perhentian tab
stop menggunakan menu :
Klik format tabs
Pada bagian tab stop
position isi 1, pada bagian alignmen pilih left, pada leader pilih none
kemudian klik set.
Pada bagian tab stop
position 2, pada bagian alignment pilih left, pada leader pilih none kemudian
klik set.
Pada bagian tab stop
position 3, pada bagian alignment pilih left, pada leader pilih none kemudian
klik set. dst.
Klik OK.
AUTOCORRECT
Fungsi :
Untuk mencari dan
mengkoreksi banyak tipe kesalahan yan umum terjadi sewaktu anda bekerja.
Termasuk kesalahan dalam ejaan, pemakain huruf besar yang tidak standard an
banyak lagi. Auto correct juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan
Caranya :
Pilihlah perintah tool
– autocorrect
Pada kotak dialog
autocorrect, ketikan huruf atau teks yang akan dirubah didalam kotak teks
“Replace” (klik terlebih dahulu didalam kotak tersebut untuk memindahkan kursor
text ke dalamnya)
Lalu ketikan teks
penggantinya pada kotak teks (with) sesuai kebutuhan
Setelah itu klik tombol
add untuk menambahkan kombinasi teks yang telah dibuat lalu tekan OK. Teks
kemudian akan muncul sendiri jika anda ketikan dilembar kerja
Untuk menhapus
autocorrect, ulangi langkah no. 1 dan 2 teks yang akan dihapus dari daftar lalu
kil delete lali klik OK.
FIND AND REPLACE
Fungsi : untuk
menemukan kata, frase dan potongan teks dalam sebuah dokumen serta untuk menuju
ke halaman tertentu. Atau untuk menemukan dan mengganti teks, frase atau
potongan teks dengan teks yang lain.
Caranya :
Dari menu edit pilih
tobol fngsi F5
Ada tiga pilihan tab
menu, Find, Replace, dan Go to, pilih sesuai dengan keinginan anda.
Find untuk menemukan
teks, frase atau potongan teks. Ketikan teks, frase atau potongan kata pada
kotak teks “Find what” lalu klik “Find next”
Replace untuk menemukan
atau mengganti teks, frase, atau potongan kata. Ketikan teks yang diganti pada
kotak find what, dan ketikan teks pengganti dalam kotak Replace with
Lalu ktik replace jika
penggantian teks dengan cara konfirmasi atau klik Replace All untuk mengganti
seluruh dokumen tanpa dokumentasi.
Go to untuk menuju ke
halaman, footnote/end note \, picture tertentu.
CHANGE CHASE
Fungsi merubah suatu
teks, frase atau potongan kalimat menjadi capital atau kecil, dengan cara :
Range atau blok teks
yang akan diganti
Buka menu format pilih
change chase
Klik pada radio button
sesuai dengan pilihan anda dengan
memperhatikan bentuk teks.
TABEL
Selain sebagai pengolah
kata, Word mempunyai kemampuan sebagai pengolah angka, walapun terbatas tidak
seperti dalam excel, namun akan sangat membantu anda dalam membuat table dalam
satu lembar kerja anda.
Caranya :
Letakkan kursor pada
baris dimana tabel diinginkan
Pilih menu table –
insert – table
Isikan jumlah kolom dan
baris sesuai dengan keninginan anda
Agar table dapat
menyesuaikan lebar dnegan isinya, maka klik radio button Auto Fit Content lalu
klik OK.
untuk mengatur agar
teks center secara vertical atau secara horizontal , blok atau range cell yang
akan diedit, buka menu rable – properties – cell pilihlah center secara
vertical dan horizontal.
COLUMN (Kolom Koran)
Fungsi untuk membuat
dokumen dalam bentuk kolom Koran. Kolom yang anda ingin dapat bervariasi
tergantung pilihan.
Bentuk 1 : jika semua
naskah ingin dibuat menjadi kolom Koran
Kursor bleh dimana saja
Pilih menu column dari
menu format dapat juga mengklik toolbar column
Tentukan jumlah kolom
yang akan dibuat dengan merubah angka di dalam kotak “Number of Column” atau
dengan mengklik pilihan bentuk bentuk kolom pada kotak “preset”
Anda juga dapat
mengaktivkan pilihan garis diantara kolom dengan mengklik pada kotak kecil line
between
Pilih apply to : whole
DOkumen
Klik OK
bentuk 2 : jika hanya
sebagian yang ingin dijadikan kolom Koran
Blok aline 1 dan 2
Pilih menu format –
column
Tentukan bentuk kolom
Koran yang diinginkan
Option Aplly to harus
dipilih selected text lalu klik OK
MEMBUAT DROP CAP
Letakkan kursor pada
paragraph yang diberi crop cap.
Buatlah bentuk
paragraph menjadi paragaraf/lurus
Pilih menu – format –
Drop caps
Klik kotak dropped
klIk OK.
CLIP ART
Fungsi mneyisipkan
gambar pada worksheet . pada umunya gambar diambil dari menu clipart atau juga
bisa dari file di luar nin program ward art.
Caranya :
Pilihlah menu insert –
picture – alip art
Dari kotak dialog clip
art., anda pilih category sesuai gambar yang akan disisipakn, missal tentang
binatang maka anda harus klik category : AnimaL
Setelah masuk ke dalam
category yang anda inginkan, pilih gambar yang sesuai dengan cara mengklik pada
gambar (toolbar baru akan muncul).
Klik pada toolbar baru
tersebut toolbar paling atas (inset clip
Close atau restrore
window clip art tersebut untuk kembali ke lembar kerja
WORDART
Fungsi untuk membuat
teks dalam bentuk artistic. Pada dasarnya wordart merupakan OLE sama seperti
dengan picture.
Caranya :
Buka menu insert pilih
picture lalu wordart
Pilih bentuk wordart
yang anda inginkan dengan mengklik pada contoh dan dialhiri klik OK
Di dalam kotak dialog
wordart, ketikan teks yang anda inginkan , lalu tekan OK.
Untuk mengedit, klik
hasil wordart tersebut, untuk mengubah ukuran sama dengan clipart.
DRAWING
TEXT BOX
Fungsi untuk membuat
bagan, struktur organisasi atau sejenidnya
Caranya :
Klik toolbar text box
dari toolbar drawing yang ada dibawah
Drag didalam worksheet
anda untuk membuat kotak dengan ukuran yang sesuai dengan text didalamnya.
Kemudian ketikan teks
didalam kotak tersebut
Untuk membuat garis
penghubung, anda dapat menklik dari toolbar drawing, line atau arrow, buat
garis dengan cara drag pada worksheet
Anda dapat bervariasi
dengan membentuk kotak-kotak anda dengan terlebih dahulu menselect kotak
tersebut, kemudian klik dari toolbar drawing, toolbar shadow atau 3D.
Untuk mewarnai text
klik toolbar Font color
Mengatur format drawing
:
Klik obyek (jika muncul
kursor didalam obyek klik lagi pada garis tepi yang muncul)
Pilih tombol yang kita
inginkan
AUTOSHAPE
Untuk membuat Flow
chart :
Pilihlah tombol
autoshape – flow chart
Kemudian pilih tombol
yang sesuai
Untuk mengetikkann
naskah di dalam obyek lakukan langkah ini :
Klik kanan pada obyek
tersebut
Pilih add text
Ketikan text
PAGE NUMBERING
Contoh 1 : jika nomor
halaman di setiap halaman letaknya sama misalnya di kanan atas semua atau di
bawah tengah semua.
Cara :
Buka menu insert – page
number
Tentukan posisi no
halaman apakah diatas atau di bawah dari sub menu position
Kemudian tentukan
posisinya di kiri atau tengah
Untuk memilih jenis
penomoran halaman klik tombol format
Pilih jenis nomor dari
tombol number format
Start at isikan
permulaan penomoran halaman sesuai dengan keinginan anda lalu OK
Jika halaman pertama
atau kertas pertama penomoran halaman ingin disembunyikan, maka tombol show
number on first page harus dioofkan.
Klik OK
Contoh 2 : Jika nomor
halaman berbeda-beda :
Jika ada judul bab
nomor ditaruh di bawah, sedangkan jika tidak ada judul bab nomor halaman
diletakkan di kanan atas ;
Sisipkan nomor halaman
di kanan atas
Letakkan kursor di
halaman pertama
Pilih menu view –
header and footer
Klik icon page setup
dari toolbar header and footer
Aktifkan tombel
difference first page lalu klik OK
Pindahkan kursor pada
posisi footer di halaman pertama dengan mengklik icon switch between
Klik icon insert page
number
Klik icon center untuk
menengahkan nomor halaman
Klik tombol close pada
toolbar header and footer
MAIL MERGE
Fungsi : untuk membuat
surat berantai atau satu master dokumen dengan berbeda-beda data didalamnya.
Buatlah master dokumen
:
Atur perataan, indent
kiri, tabulasi dan bentuk paragraph
Simpan dengan nama file
panggilan tes wawancara
Buka menu tool - mail merge
Klik tombol create pada
main document form letters – active window
Untuk menggunkan data
dengan membuja menu get data – create data source kemudian hapus semua field
yang ada didalam kotak field names in header row dengan menklik remove sampai
habis
kemudian buatlah field
data yang diperlukan dengan mengetikkan didalam field name dan klik add jika
sudah dimasukkan, klik OK.
MENCETAK DOKUMEN
Buka file yang akan
dicetak, hidupkan printer dan pasang kertas
Pilih menu file – print
Pilih nama printer yang
pada kotak printer name
Klik properties
Pilih ukuran kertas
sesuai dengan setup naskah anda
Jika anda memakai
printer LQ atau LX atau sejenis pilihlah manual feed pada kotak paper source.
Lalu klik OK
Tentukan halaman berapa
yang akan dicetak, misalnya All untuk mencetak semua halaman ; atau ketik nomor
halaman tertentu pada kotak pages
Klik OK
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk
menguasai ilmu
komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms.
2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms.
Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan
di seluruh dunia.
B. Saran
Perkembangan dunia di era
globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional
yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah
satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak
semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan
kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta:
Rajawali
Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula.
2000. Pengantar Pendidikan Jaringan
Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta
TIM Dosen FIP. 1995. Pengantar
dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha
nasioanal
Making Money - Work/Tennis: The Ultimate Guide
BalasHapusThe way you https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ would expect from betting on the worrione tennis 1xbet login matches of tennis is to bet หารายได้เสริม on the player 바카라 you like most. But you also need a different